CARA MEMBUAT WORKSHEET BARU DI EXCEL

1:01 PM

Dalam membuat data dengan aplikasi Microsoft Excel, biasanya tidak cukup hanya menggunakan satu sheet saja, untuk itu bagi pemula harus tahu bagaimana membuat sheet baru di Excel. Namun sebelumnya alangkah baiknya kita ketahui pengertian atau perbedaan dari workbook dan worksheet.
Workbook adalah buku kerja dalam Microsoft Excel yang merupakan keseluruhan dari tampilan awal Excel
sedangkan…
Worksheet atau sheet adalah lembar kerja dalam Microsoft Excel yang terdiri dari kolom dan baris
Secara default pada Excel 2007 ketika kita membuat workbook baru, akan ada 3 buah sheet, Namun pada Excel 2013 defaultnya hanya ada 1 sheet saja. Untuk menambahkan atau membuat sheet baru caranya adalah sebagai berikut:
Menggunakan Tombol Keyboard atau Shortcut
Untuk membuat sheet baru di excel dengan shortcut caranya adalah dengan menekan tombol Shift + F11.
Menggunakan Tombol Insert Sheet
Untuk membuat sheet baru di Excel lewat Ribbon / Menu caranya yaitu pilih Tab Home pada grup ribbon Cells, pilih Insert – Insert Sheet.
Insert Worksheet Excel
Menggunakan Tombol New Sheet
Arahkan cursor ke tanda + di samping kanan nama sheet, dan klik sekali untuk menambahkan sheet baru.
Insert Sheet Excel
Maka sheet akan bertambah, sesuai urutan sheet yang ada seperti Sheet2, Sheet3 dan sebagainya. Kita juga bisa merubah nama Sheet, Menghapus, Memindah, menyalin dan lain-lain,
Memodifikasi Sheet Excel
Di Microsoft Excel juga di sediakan menu untuk memodifikasi sheet Excel, seperti merename atau mengganti nama sheet, mengcopy atau menyalin, memindahkan posisi sheet, menghapus sheet, mewarnai backgroud label sheet, Menyembunyikan dan sebaginya, caranya adalah sebagai berikut:
    1. Klik kanan pada nama Sheet yang ingin di modifikasi, maka akan tampil menu-menu berikut:
      Pengaturan Worksheet Excel
    2. Dan berikut penjelasan dari menu-menu tersebut:
      • Insert… berfungsi untuk menambahkan Sheet baru, Chart dan lain-lain.
      • Delete berfungsi untuk menghapus Sheet.
      • Rename berfungsi untuk membuat nama baru pada sheet.
      • Move or Copy… berfungsi untuk memindahkan dan menyalin Sheet.
      • View Code berfungsi untuk menampilkan jendela kode Sheet, digunakan untuk membuat macro.
      • Protect Sheet… berfungsi untuk mengunci Sheet.
      • Tab Color berfungsi untuk mewarnai background nama sheet.
      • Hide berfungsi untuk menyembunyikan Sheet.
      • Unhide berfungsi untuk menampilkan sheet yang tersembunyi.
      • Select All Sheet berfungsi memblok atau memilih semua Sheet.
Previous
Next Post »
0 Komentar